Cara Mem-Back Up dan Merestorasi Data pada Blackberry

Assalamu'alaikum readers...!!!!

Hehehe kangen sama penulis yaaaa...? Hehehehe...


Eh ya, mohon maaf lahir batin ya buat readers semua, hehe. Biarpun telat, yang penting kan niatnya....


Hmmm pasti banyak nih readers yang pake Blackberry. Yah walaupun banyak rumor yang bilang kalau RIM, perusahaan yang membuat Blackberry, mau bangkrut, tapi pasti ada yang masih setia dengan BB-nya. Entah bener-bener setia atau nunggu gaji buat beli gadget baru. Heheheh, just kidding ye..
Nah, kadang readers yang pake BB mungkin suka ada yang ngeluh harus invite ulang kontak-kontaknya di BBM, ya entah karena BB-nya di-upgrade, diformat ulang, atau yang lain. Nah, pasti kan repot banget tuh mesti invite satu-satu pin teman-temannya, atau minta tolong temennya untuk promote kayak gini, "Invite ini Joni(nama samaran) 23941810(bukan pin sebenarnya). Kontak ilang semua. Tks. :D". Selain ngerepotin, juga ngeselin buat mereka yang gak suka terima broadcast message yang isinya promosi pin orang. Kalo orangnya dikenal sih gak masalah. Kalo gak dikenal, kadang itu yang bikin kesel.

Muingkin readers pernah dengar yang namanya back-up. Nah, dengan back-up ini, kita bisa menyimpan informasi yang ada di dalam BB sebelum kita upgrade atau format, pokoknya yang mengharuskan BB itu kembali ke keadaan semula. Nah, dengan back-up ini, readers gak perlu repot-repot lagi minta pin BBM dari sekian banyak orang satu-satu, atau minta tolong promote temen. Kalaupun banyak readers yang belum tahu gimana caranya back-up, nah, penulis mau ngasihtau caranya gimana....





1.Buka Blackberry Desktop Software(kalo belum ada, diinstal dari CD-nya. Biasanya sudah 1 paket sama kotaknya. Kalo gak ada ya pinjem temen :p). Kemudian hubungkan BB dengan kabel USB ke PC atau laptop. Jika di sudut kanan bawah pada tampilan Blackberry Desktop Software tertulis 'Sync All', berarti BB sudah terhubung.(lihat gambar di bawah).


2. Buka 'Device', pilih 'Back Up', kemudian klik.



3. Pada kotak dialog 'Back Up Options', readers dapat memilih mau menempatkan hasil back-up di folder mana saja. Penulis kasih contoh folder default back-up punya penulis. Readers bisa menempatkannya dimana saja yang readers mau, asal space-nya masih cukup. Setelah dirasa cukup, klik 'Back Up' untuk memulai proses back-up.


4. Setelah diklik, akan muncul kotak dialog yang menampilkan proses back up, file mana saja yang di-back up. Dan tentunya agar readers jangan mencabut BB sebelum proses back-up selesai. Sekedar mengingatkan aja kok.


5. Nah, setelah proses selesai, akan muncul kotak dialog yang isinya memperbolehkan readers untuk melepas BB-nya.






Nah, untuk memasukkan kembali hasil back-up tadi ke BB yang sudah di-upgrade atau yang sudah di-format, pokoknya kosong melompong, penulis kasih tau nih caranya...

1. Buka lagi Blackberry Desktop Software-nya. Kemudian pilih 'Device', dan klik 'Restore'




2. Setelah itu, readers bisa memilih hasil back-up tanggal berapa yang mau dimasukkan ke dalam BB. Jika nanti readers klik 'Restore', akan muncul kotak dialog yang menampilkan proses restorasi hasil back-up ke BB readers, seperti ketika proses back-up yang di atas tadi.




Nah, jika paket internet di BB readers aktif, maka ia akan langsung terinvite di kontak yang ada. Sebenarnya penulis gak terlalu memperhatikan proses ini. Tapi berkat ini, penulis gak mesti repot-repot invite satu-satu pin yang ada. Pokoknya udah dimudahkan jalannya. Hehehe...


Oke readers, ini aja dulu lah postingannya. Nanti kalo ada lagi, blog ini Insya Allah bakal penulis update. Makasih ya udah mampir ke sini. Oh ya, kalo ada pertanyaan, bisa ditulis di komentar aja. Kalo sempat, penulis jawab kok. Tentu semampu dan sepengetahuan penulis, hehehe...

Komentar

Postingan Populer